Selasa, 15 Januari 2008

soal-soal UAS

1. Perkembangan teknologi internet dan komunikasi data, membuka peluang perkembangan e- bisnis. keberadaan e-bisnis, menurut Anda :
b. Akan menggantikan semua tata bisnis tradisional
karena pemanfaatan TI akan menimbulkan keterbiasaan yang seolah candu akan memagari kita setelah melampaui sejumlah titik-mustahil-balik (points of no-return). Semakin jauh kita terbiasa menggunakan TI, semakin sulit pula untuk kembali ke pola hidup semula yang mungkin lebih sederhana. Kenyataannya adalah bahwa e-Bisnis dengan cepat beranjak dewasa. Walaupun masih cukup baur, semakin tampak bahwa tata-niaga dan bentuk mikronya kini lebih realistis.

d. hanya berkembang pesat pada segmen tertentu
fakta bahwa program e-bisnis dari kebanyakan perusahaan menitikberatkan HANYA pada sisi teknologinya saja dan proses bisnis itu sendiri. Namun inisiatif promosi dan pemasaran e-bisnis mereka tidak atau sangat sedikit dilakukan.Itulah sebabnya mengapa e-Bisnis membuat banyak orang di Indonesia khususnya para investor merasa jera. Mereka menyangka bahwa belum saatnya mereka memasuki dunia e-bisnis, padahal yang salah bukan bisnisnya, namun konsep membangun e-Bisnis yang salah. Padahal satu hal yang PASTI bahwa internet tidak bisa dibendung lagi.Karena itu, sudah saatnya orang-orang bisnis dan pemasaran menjadi komandan dari strategi bisnis di Internet. Dan orang-orang TI sebagai support dari para marketer dan pebisnis.

2. Menurut Anda 2 hal penting dalam rencana strategis komputerisasi di sebuah perusahaan
c. Antisipasi perkembangan kebutuhan sistem
Sesuai perkembangan kebutuhan, sistem yang dipakai baik hardware, maupun software terus berkembang. oleh karena itu perusahaan harus dapat mengantisipasi dengan adanya perkembangan kebutuhan sistem tersebut, jadi sistem yang dipakai oleh perusahaan tersebut akan selalu update.
d. Antisipasi perkembangan teknologi
Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global. jadi Apabila sebuah perusahaan ingin melakukan rencana strategi komputerisasi maka perusahaan tersebut harus mampu mengantisipasi perkembangan teknologi yang semakin maju dan teknologi canggih yang selalu bermunculan.

3. Dalam era informasi sekarang ini, sudah selayaknya penyelenggara pemerintah didukung oleh teknologi informasi secara penuh. Menurut anda bidang yang harus mendapatkan prioritas adalah :
a. Sistem informasi Kependudukan Nasional
Sistem informasi kependudukan dipandang sebagai sistem informasi utama yang harus dikembangkan terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan sistem informasi kependudukan negara kita sekarang ini masih belum memadai dan masih perlu banyak perbaikan. contohnya seperti masih banyak orang yang memiliki kartu tanda penduduk ganda, dan juga masih banyak penduduk indonesia yang tidak memiliki kartu tanda penduduk (KTP). Oleh karena itu pemerintah harus segera memperbaiki sistem informasi kependudukan agar pemerintah dapat lebih mudah dalam mengatasi permasalahan yang timbul yang berhubungan dengan kependudukan.
b. Sistem pengelolaan anggaran dan pendapatan belanja daerah
sistem ini menjadi prioritas adalah karena di negara indonesia ini pembngunan masih belum merata, ada beberapa daerah yang kondisinya masih buruk, tidak hanya kondisi daerahnya saja tetapi juga kondisi dari penduduknyapun masih buruk. Oleh karena itu pemerintah harus segera memperbaiki sistem pengelolaan anggaran dan pendapatan daerah agar daerah-daerah terpencil juga dapat menerima bantuan dan dapat membangun daerahnya. Dengan adanya sistem pengelolaan anggaran dan belanja daerah maka sistem akan menjadi lebih baik dan transparan.

4. Menurut anda cara efektif dalam pengelolaan sistem informasi pemerintahan mulai dari pusat hingga tingkat kelurahan adalah :
a. Dikelola oleh unit layanan & operasional sistem informasi pemerintahan yang dibentuk disetiap instansi pemerintahan yang secara penuh dijalankan oleh PNS bidang IT
Agar pengelolaan ini dapat berjalan dengan baik maka tugas ini lebih bagus jika dikerjakan oleh orang yang mengerti dan yang sesuai dengan bidangnya. Dalam hal ini adalah PNS yang mengerti bidang IT, jadi tugas yang diberikan akan berjalan dengan baik dan sesuai dengan keinginan.
b. Diserahkan pengelolaannya kepada sebuah BUMN di bidang TI, instansi pemerintah adalah pelanggan tetap
Jika pengelolaan ini dikerjakan oleh BUMN di bidang IT maka pengelolaan tersebut akan lebih baik dan juga BUMN akan bertanggung jawab secara penuh apabila ada kesalahan di dalam pengerjaannya.

5. Yang paling cocok dijadikan Backbone SIM Nas adalah
a. Sistem informasi kependudukan
Hal ini dikarenakan sistem informasi kependudukan merupakan hal yang sangat penting, karena sistem ini berkaitan dengan segala permasalahan yang berhubungan dengan kependudukan.
c. Bank data indonesia
Karena bank data adalah tempat penyimpanan segala macam data.contohnya apabila sebuah perusahaan mengalami suatu masalah maka perusahaan tersebut akan mencari solusinya, kemudian setelah ditemukan solusinya setelah itu disimpan ke dalam bank data. Jadi apabila suatu saat perusahaan tersebut mengalami permasalahan yang serupa maka perusahaan tersebut hanya tinggal mengambil solusinya saja di bank data.

Tidak ada komentar: